Share pengalaman masalah IDM "Cannot open socket internet"


Pada tulisan ini, saya akan share pengalaman saya dalam mengatasi masalah IDM yang terblok dengan konfirmasi "Cannot open socket internet". Sebelumnya saya mohon maaf karena pada tulisan ini saya tidak menyertakan screen shot, tapi saya berharap para pembaca yang budiman dapat memahami tentang apa yang saya jelaskan dalam tulisan ini.
Berkali-kali saya mengalami masalah IDM dengan keterangan kesalahan "Cannot open internet socket". Bagi yang suka download menggunakan IDM, hal ini akan sangat mengganggu. Berbagai cara telah saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mulai dari mencari solusi di Google sampai instal ulang Windows. Akan tetapi masalah tersebut tidak juga terselesaikan. Akhirnya saya mencari solusi sendiri dengan menganalisa satu-persatu. Setelah beberapa percobaan saya lakukan, akhirnya saya mendapat solusi untuk masalah tersebut. 
Berdasarkan pengalaman saya, penyebab masalah tersebut adalah saya menginstal antivirus Avira Free Antivirus dengan fitur Web Protection yang aktif atau enable, bukan pada IDM yang Fake Serial..... Ketika fitur tersebut tidak aktif (disable), karena alasan keamanan kita mengaktifkan kembali fitur tersebut dengan cara repair instalation melalui Control Panel di Windows. Entah apa sebabnya, biasanya setelah kita aktifkan kembali fitur ini, IDM langsung diblok dengan konfirmasi kesalahan "Cannot open socket internet".
Setelah saya instal ulang komputer saya dan saya instal Avira tanpa mengktifkan fitur Web Protection, sampai tulisan ini  dibuat saya tidak lagi mengalami masalah dengan IDM. IDM berjalan normal tanpa ada kendala apapun (sudah satu bulan lebih dari tanggal post ini).
Demikian sedikit share pengalaman saya dengan masalah IDM yang diblok. Semoga bermanfaat bagi kita semua......
          

0 comments:

Post a Comment